Inilah Cara Terampuh Mengendalikan Hama Gudang Penyimpanan Komoditi

oleh -10 views
proses fumigasi

INTELNEWS.CO.ID – Hama sudah termasuk hewan penganggu dan perusak bahan pangan atau komoditi pangan anda dan hama juga menjadi musuh terbesar bagi para petani yang dapat merusak setiap hasil panen sehingga komoditi kehilangan nutrisi beserta kualitasnya.

Apabila hama terdapat di gudang penyimpanan komoditi pangan anda, sebaiknya anda tidak langsung meletakkan di gudang tersebut. Apabila hama ini belum di kendalikan dengan baik maka hasil panen tersebut yand di simpan pada silo atau karung maka itu hanyalah sia-sia saja malah akan  merusak hasil panen. Sehingga para petani akan mengalami kerugian yang cukup besar. Maka dari itu untuk menghindari hal itu terjadi anda mesti perlu melakukan proses pengendalian hama di gudang penyimpanan yang tepat dan benar. Sehingga hasil panen anda akan memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

Cara mengendalikan hama gudang penyimpanan komoditi

Untuk mengendalikan hama gudang penyimpanan komoditi anda ada satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan pemantauan hama serta melakukan sanitasi pada gudang penyimpanan komoditi pangan.

Dalam proses pemantauan hama dapat dilakukan melalui inspeksi langsung pada hasil panen tersebut. Dengan melakukan penelitian apabila terdapat bergerakan hama, maka proses pengendalian hama di gudang penyimpanan dapat dilakukan segera mungkin.

Proses sanitasi gudang dapat dilakukan dengan cara pembersihan gudang secara berkala dan pastikan juga alat yang ada di penyimpanan juga terbebas dari hama tersebut.

 Untuk proses sanitasi gudang anda bisa menggunakan produk SILOGUD 250 EC. Produk silogud yang berupa cairan yang dapat di gunakan dalam proses sanitasi di gudang penyimpanan komoditi pertanian. Silogud ini mengandung bahan aktif METIL PIRIMIFOS yang dapat membunuh hama gudang penyimpanan komoditi pangan, sehingga komoditas anda terbebas dari hama dan aman di gudang untuk berbagai macam jenis biji-bijian dari hasil panen dan silogod ini juga tidak mempengaruhi kualitas serta mutu pada komoditi pangan.

Jadi dengan menggunakan silogud di gudang penyimpanan komoditi sangat aman dan efektif untuk mengendaliakan hama gudang penyimpanan dan sangat aman dan tidak membuat kualitas serta mutu pada komoditi pangan anda rusak dan hilang, jadi silogud sangat aman untuk digunakan dan dijadikan sebagai produk sanitasi gudang.

Cara menggunakan silogud dalam proses sanitasi gudang

Untuk menggunakan silogud sebagai proses sanitasi gudang penyimpanan harus dilakukan secara merata setiap dinding, lantai, kemasan penyimpanan, serta peralatan yang digunakan misalnya forklift, dan semua area di lingkungan sekitaran gudang. Cara ini dalam proses sanitasi terdapat 2 metode yang dapat dilakukan yaitu anda bisa menggunakan dengan teknik spraying atau penyemprotan dan juga fogging atau pengasapan.

Dalam teknik spraying atau penyemprotan, anda hanya bisa menggunakan 30 mili liter larutan silogud yang sudah tercampur dengan 1 liter air untuk digunakan sebagai penyemprotan di seluruh area dalam 1 meter persegi.

Sedangkan teknik fogging atau pengasapan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan EFM (Eco Fogging Media) atau water based fogging agent dalam dosis yang di tentukan.

Tahukah anda dengan menggunakan silogud dalam proses sanitasi gudang sebagai pengendalian hama memiliki kelebihan yang perlu anda ketahui yaitu dalam penggunaan silogud sebagai sanitasi gudang tidak memiliki efek samping yang membahayakan setelah proses penyemprotan dan pengasapan selesai. Komoditi pangan anda juga tidak akan berbau solar karena memang silogud ini tidak ada campuran solar di dalam kandungan bahan aktif yang di miliki silogud ini.

Justru silogud ini memiliki kandungan yang ramah lingkungan dan juga tidak meninggalkan bau serta noda sedikit pun di sekitaran gudang dan juga komoditi pangan anda. Setelah pengaplikasi silogud di gudang penyimpanan selesai maka para pekerja dapat langsung melakukan pekerjaannya seperti biasa karena memang silogud ini tidak meninggalkan bau yang dapat mengganggu para aktivitas pekerja.

Jadi, dalam proses pengendalian hama di gudang penyimpanan atau silo dapat dilakukan dengan efektif dan efisien hanya dengan menggunakan silogud yang aman dan ampuh. Panca prima wijaya  menyediakan produk silogud yang dapat anda gunakan dan berbagai macam produk juga telah hadir dalam setiap masalah hama pada penyimpanan komoditi. (*/dirman)