Desa Cendana Berbenah, Pembangunan Infrastruktur Terus Berlanjut

oleh -157 views

INTELNEWS.CO.ID, Luwu Timur – Desa Cendana Kecamatan Burau adalah salah satu desa di Kabupaten Luwu Timur yang berada di wilayah lereng gunung nun jauh dari keramain hiruk pikuk ibu kota kabupaten. Namun demikian masyarakatnya (desa cendana red) tidak merasa terkucilkan karena pembangunan infrastruktur jalan dan drainase untuk menata ibu kota desa cendana terus digalakkan.

Kepala Desa Cemdana Hamka saat dikonfirmasi media intel news bersama tim investigasi dari gabungan media cetak – online dan lembaga pengawasan lp kpk belum lama ini menjelaskan bahwa pembangunan di desa cendana dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan khususnya dari sektor pembangunan infrastruktu jalan dan penataan ibu kota desa.

‘Kami harus akui bahwa perhatian pemerintah terhadap keberadaan masyarakat desa, khususnya diwilayah terpencil seperti Desa Cendana cukup besar. Terbukti Desa Cendana yang berada dilereng bukit jauh dari keramaian kota setiap tahunnya menikmati kucuran dana untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat”, urai Kades Cendana.

Lebih lanjut Kades Hamka menjelaskan bahwa penggunaan dana anggaran tahun 2019 Dana Desa dan Alokasi Dana Desa adalah sebanyak Rp. 1.950.927.500.00,- dan telah disalurkan kepada masing-masing sub kegiatan. Untuk peruntukan biaya pembangunan desa sebesar Rp. 1.089.947.000.00 adalah merupakan skala perioritas dalam penggunaan anggaran tahun 2019. Mengingat bahwa desa cendana sangat membutuhkan pembangunan fisik infrastruktur jalan dan drainase untuk membentuk ibukota desa menjadi lebih baik dan dapat pula bersaing dengan ibukota desa lainnya yang ada di Kecamatan Burau.

“Kita mengharapkan dengan adanya dana desa dan alokasi dana desa yang masuk dari tahun ketahun, pemerintah desa akan menjadi lebih mudah untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan penataan ibukota desa”, jelas Hamka.

Dan dengan adanya dana desa dan alokasi dana desa, juga sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan perekonomian di desa. Hal tersebut berkaitan pengucuran dana pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa sangat membantu dalam mendorong pengentasan kemiskinan dan keterbukaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dan terkait dengan Hal tersebut kepala desa cendana Hamka bersma masyarakatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Presiden Joko Widodo atas kebijakannya memberikan anggaran pembangunan desa melalui program Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan.(*)

Reporter: ilham/nandar
Editor: wawan