6 Tips Mudah Merawat Kura-Kura Brazil

oleh -39 views

Kura-kura Brazil atau kura-kura bertelinga merah memiliki nama latin, yaitu Trachemys scripta elegans. Jenis kura-kura ini berasal dari Amerika Serikat bagian selatan, dan menjadi salah satu hewan terfavorit untuk dipelihara. Jika dilihat dengan seksama, kura-kura Brazil memiliki tubuh berwarna hijau tua, disertai dengan garis-garis berwarna kuning.

Bukan itu saja, di bagian kiri dan kanan kepala terdapat bercak berwarna merah, dan terdapat telinga. Pada kura-kura jantan, corak terlihat lebih sedikit ketimbang kura-kura betina. Ciri lain yang membedakan adalah, terdapat cakar yang lebih panjang pada kura-kura jantan. Umumnya, panjang tubuh kura-kura Brazil adalah 30 sentimeter. Bagi pemula yang berniat memeliharanya, berikut ini sejumlah tips merawat kura-kura Brazil.

Kura-kura ini terbilang memiliki peminat yang banyak, terbukti jual hewan peliharaan reptil kura-kura saat ini bisa didapat dengan mudah. Bahkan trend jual kura kura darat pun makin diminati oleh banyak pecinta reptil yang satu ini, terbukti salah satu tempat yang menawarkan beragam kura ialah exotic market Indonesia.

Tips Merawat Kura-Kura Brazil untuk Pemula

Kura-kura Brazil memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, sehingga ia dengan mudah bertahan dan beradaptasi di lingkungan baru. Kura-kura jenis ini juga berumur sangat panjang dibanding hewan lainnya, yaitu mencapai usia 20–40 tahun. Proses perkembangbiakan kura-kura ini tergantung pada cuaca dan tingkat kesuburan. Jika keadaannya baik, kura-kura Brazil mampu menghasilkan telur sebanyak 20–45 butir dalam satu kali perkembangbiakan.

Jika kamu adalah pemula yang ingin merawat kura-kura jenis ini, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips merawat kura-kura Brazil untuk pemula:

1. Perhatikan Tempat Tinggalnya

Tips merawat kura-kura Brazil yang pertama adalah perhatikan tempat tinggalnya. Ukurannya yang mini membuat kamu tidak perlu repot menyiapkan tempat yang besar. Cukup dipelihara dalam akuarium berukuran sedang dan mengisinya dengan air yang cukup agar ia bisa berenang. Perhatikan juga spot daratan yang digunakan kura-kura jika tidak ingin berenang. Jangan lupa perhatikan kebersihan akuariumnya, ya.

2. Perhatikan Suhu dan Pencahayaan Dalam Kandang

Tips merawat kura-kura Brazil selanjutnya adalah memperhatikan suhu dan pencahayaan dalam kandang. Suhu ruangan yang ideal untuk kura-kura Brazil adalah 25,5–26,5 derajat Celsius. Pencahayaannya pun perlu diperhatikan, karena kura-kura Brazil sangat membutuhkan sinar UVA dan UVB untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Jika kamu memasang lampu di kandangnya, jangan nyalakan terlalu lama karena suhu kandang bisa saja menjadi tidak ideal.

3. Perhatikan Kualitas Air

Kura-kura Brazil cocok hidup di air tawar bebas kimia dengan suhu 20–25 derajat Celsius. Berkaitan dengan hal tersebut, jangan lupa untuk mengganti air secara rutin, agar tidak ada penyakit yang disebabkan oleh jeleknya kualitas air dalam kandang. Perhatikan juga kedalaman air, agar kura-kura dapat berenang mengambil makanan dengan mudah.

4. Sistem Pembuangan dan Penyaring

Kotoran kura-kura Brazil memiliki tekstur padat. Untuk membuangnya, kamu bisa menggunakan sistem penyaringan. Lakukan secara rutin agar bakteri kotoran tidak berkembangbiak.

5. Perhatikan Makanan yang Diberikan

Mengetahui jenis makanan yang cocok dan tidak cocok dikonsumsi kura-kura Brazil menjadi tips selanjutnya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh makanan. Sebaiknya, berikan sayuran, buah-buahan, daging dan ikan, pelet, dan juga serangga. Untuk sayuran, sebaiknya berikan bayam dalam jumlah sedikit, selada, sawi, wortel, paprika, atau labu.

Sedangkan buah-buahan, sebaiknya berikan tomat, pepaya, atau pisang. Namun, sebaiknya tidak memberikan makanan dalam jumlah yang banyak, karena kura-kura akan buang air besar terlalu sering. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, kamu bisa memberikannya ikan kecil atau daging-dagingan sebagai camilan (bukan sebagai makanan utama). Jangan memberikan jenis ikan laut atau ikan beku, ya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari munculnya penyakit dari bakteri ikan tersebut.

6. Rutin Mengajaknya Bermain

Saat memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, jangan hanya fokus pada makanan dan tempat tinggal saja, ya. Kamu juga perlu sering mengajaknya bermain guna membangun ikatan batin pemilik dan hewan peliharaan. Untuk kura-kura Brazil, kamu bisa mengelus dengan lembut atau menggaruk tempurungnya. Lakukan dengan hati-hati, ya, karena beberapa ujung saraf terletak di dalam tempurung.

Kura-kura merupakan hewan air dan juga darat atau disebut sebagai hewan semi-akuatik, sehingga dalam perawatannya membutuhkan kondisi yang mampu membuat kura-kura merasa nyaman dan aman, baik di dalam air maupun di darat.