Sukses Pelantikan Pengurus LP-KPK Komcab Takalar

oleh -194 views

Takalar — Setelah menjalin komunikasi dan berkoodinasi secara intens dengan pihak LP- KPK (Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan) Komisi Daerah (Komda) Sulsel, akhirnya membentuk struktur dan kepengurusan baru LP- KPK Komcab Takalar.

Komcab lp kpk Takalar dapat terbentuk ditandai dengan acara pelantikan dan pengambilan sumpah para pengurus lembaga tersebut oleh Ketua LP- KPK Komda Sulsel H Andi Hasanuddin, AM, S.Sos, M.Si, berlangsung di rumah pribadi Ketua Dewan Penasehat LP-KPK Komcab Takalar, Drs H Bakri Bangsa pada Kamis (7/11) di Jalan Pramuka 1 Kelurahan Pattalassang, Kabupaten Takalar.

Sukses acara pelantikan dan pengambilan sumpah para pengurus LP-KPK Komcab Takalar kali ini sekaligus memberi respon positif dan komitmen kuat oleh LP-KPK Komda Sulsel akibat kefakuman pengurus LP-KPK Takalar sebelumnya yang dinilai mengalami stagnan.

Meski begitu, Andi Hasanuddin dalam arahannya kepada pengurus baru LP-KPK Komcab Takalar ini, kehadiran LP-KPK patut diapresiasi, selain dilindungi Undang-undang dan juga struktur kepengurusan LP- KPK paling lengkap mulai pusat hingga tingkat kabupaten/kota di Indonesia.

“Khusus dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, LP- KPK sudah hampir 50 persen atau seperdua dari 24 kabupaten/kota di Sulsel telah terbentuk pengurus Komcabnya. Harapan dari Komnas termasuk di Komda Sulsel mudah-mudahan tahun 2020 mendatang, semua kabupaten/kota di Sulsel sudah dapat terbentuk semuanya”, sebut Andi Hasanuddin.

Ketua Komda LP KPK Sulsel saat melantik Kepengurusan Komcab Bantaeng didampingi Wakil Ketua LP- KPK Komda Sulsel Muhammad Said Gani, Sekretaris LP- KPK Sulsel Drs H Asman Mansyur, Wakil Sekretaris 1 LP- KPK Sulsel H Masuddin, AT, SE, Wakil Sekretaris II LP- KPK Sulsel Andi Muhammad Nasir dan Ketua Koordinator Devisi-devisi LP- KPK Sulsel Luther Emba Saung, SE.

Selain jajaran pimpinan eksekutif LP KPK Sulsel, juga hadir Ketua Komcab, antara lain Ketua LP- KPK Komcab Maros Drs Rukmuddin, M, Pd, Ketua LP- KPK Komcab Gowa Arifin Amir, Ketua LP- KPK Komcab Jeneponto Mappasomba, DM, SE, SH serta sejumlah pengurus LP-KPK Komda Sulsel dan LP KPK dari berbagai Komcab lainnya di Sulsel.

Masih terkait arahan Ketua LP- KPK Komda Sulsel, dalam organisasi yang dipimpinnya menganut sistem kepemimpinan kolektif kolegial. Maksudnya, jajaran pimpinan eksekutif pada setiap pengambilan keputusan selalu mengedepankan kebersamaan melalui rapat musyawarah. Termasuk menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus LP-KPK di tingkat Komcab memiliki kesamaan dalam memberikan pandangan, arahan dan pemikiran dalam membangun kelembagaan LP- KPK yang lebih kuat dan solid.
Tidak hanya itu, Andi Hasanuddin menegaskan, para pengurus LP-KPK Komcab Takalar yang diambil sumpahnya hari ini, diharapkan dapat mendukung program pemerintah khusus Pemkab Takalar.

Pengurus LP-KPK di semua tingkatan dituntut mengawasi jalannya kebijakan pemerintah , sekaligus mengawal dan mengkritisi kebijakan tersebut sepanjang hal itu positif, konstruktif serta memberi solusi. Karena itu, LP-KPK harus hadir jadi penyeimbang dan kontrol balance terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah serta membangun kemitraan dan saling bersinergi yang sehat dengan pemerintah, harap Andi Hasanuddin.
Harapan serupa, juga datang dari Wakil Ketua LP- KPK Sulsel HM Said Gani. Hanya saja, dia mengingatkan kepada pengurus LP-KPK Komcab Takalar, bahwa dalam menjalankan organisasi kita ini sudah punya rambu-rambu dan ketentuan yang jelas sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Aturan Rumah Tangga (AD/ART) LP- KPK.
Menurut Said Gani, ada SOP (Standar Operasional Prosedural) dalam berorganisasi, makanya setiap pengurus LP- KPK baik tingkat Komnas, Komda hingga tingkat Komcab harus mengetahui AD/ART sebagai ketentuan teknis internal lembaga.

“Ini penting diketahui semua pengurus LP-KPK agar dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan organisasi tidak salah arah”, tandas Said Gani yang juga mantan Ketua LP KPK Komcab Parepare ini.

Sementara itu, Sekretaris LP- KPK Komda Sulsel H Asman Mansyur menambahkan, perlunya membangun komunikasi sesama pengurus LP-KPK terutama di tingkat Komcab dalam upaya mengorek atau menggali suatu kasus yang kuat agar disertai data data material khususnya persuratan, makanya administrasi yang rapi perlu dijaga dalam setiap organisasi seperti halnya LP-KPK.

Selain kejujuran pengurus menjadi atensi bagi sebuah solidnya organisasi, juga tertib administrasi dibawah kendali sekretaris dapat mengindikasikan bahwa pengurus LP-KPK akan bekerja penuh integritas, bertanggung jawab dan amanah lagi, jelas Asman Mansyur.

Para pengurus LP-KPK Komcab Takalar periode 2019-2022 yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua LP- KPK Komda Sulsel adalah Drs H Bakri Bangsa ( Ketua Dewan Penasehat), H Taba (Ketua) Drs H Dahlan Tompo (Sekretaris), Solihin Husain, SE ( Wakil Sekretaris, Mustafa, S. Pd (Bendahara) LP-KPK Komcab Takalar. (*)