Pemda Luwu Utara Fokus Tingkatkan Derajat Kesehatan melalui GERMAS

oleh -4 views

INTELNEWA.CO.ID, Luwu Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara terus berupaya meningkatkan kualitas hidup sehat dan derajat kesehatan masyarakat melalui sebuah program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Seluruh elemen masyarakat Kabupaten Luwu Utara diharapkan terlibat secara aktif dalam program GERMAS ini, mulai dari pemerintah di semua level, termasuk para pemangku kepentingan lainnya yang peduli terhadap kesehatan.

Wakil Bupati Kabupaten Luwu Utara, Suaib Mansur, mengatakan bahwa program GERMAS adalah sebuah program pemerintah, mulai pusat sampai daerah, di mana semua lapisan masyarakat diharapkan ikut terlibat di dalamnya.

“GERMAS adalah kewajiban kita semua, mulai dari pemerintah pusat sampai daerah, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan,” kata Suaib, saat memimpin Rakor GERMAS dan Tim Pembina UKS/M, Selasa (26/7/2022), di Ruang Sekretaris Daerah.

Suaib mengatakan, GERMAS yang menitikberatkan pada kualitas hidup yang sehat dan bersih merupakan program yang wajib didukung oleh semua pihak. Mengingat dalam pandangan agama, menjaga kebersihan itu adalah sebagian daripada iman.

“Dalam penyusunan visi-misi kemarin, kami memang sangat menekankan kepada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, karena kami berpendapat bahwa derajat kesehatan ini menjadi hal yang paling penting untuk kita tingkatkan kualitasnya,” kata Suaib.

“Semua program kita jelas, termasuk legalitas formalnya. Saya kira, banyak yang mendasari, sehingga GERMAS ini menjadi kewajiban kita,” sambungnya. Salah satu tujuan GERMAS adalah menurunkan risiko penyakit menular dan tidak menular melalui peningkatan pola hidup sehat dan lingkungan yang sehat.

Untuk diketahui, GERMAS adalah tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. (Nini-Kharisma-IAIN Palopo/LH