Optimis Program Desa Lumbewe 2019 Rampung Seratus Persen, Ini Penjelasan HM. Bintang Aras, S. An

oleh -133 views
Kades Lumbewe HM. Bintang Aras, S. An

Intelnews.co.id, Luwu Timur—Kepala Desa HM. Bintang Aras, S. An merasa optimis bahwa Program Pembangunan di Desa Lumbewe Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, khususnya dana ADD dan DD Tahun Anggaran 2019 akan realisasi seratus persen pada akhir Desember 2019 mendatang.

Hal tersebut dikatakan di hadapan sejumlah awak media dan lsm di kediamannya desa lumbewe kecamatan Burau Sabtu 07/12/2019 baru saja ini. HM Bintang Aras mengatakan bahwa pihaknya sangat optimis akan merampungkan seluruh program kegiatan tahun anggaran 2019. Baik itu pada sektor pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat pada seluruh item kegiatan.

“Insya Allah kita optimis akan merealisasikan seluruh program kegiatan, baik itu pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat Tahun Anggaran 2019 ini”, jelas kades Lumbewe yang dikenal sangat akrab dengan para wartawan/lsm ini.

Lebih lanjut HM. Bintang Aras membeberkan program fisik pembangunan desa untuk tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 1.134.758.000.00,- atau jumlah persentase sebesar 48 persen dari total anggara tahun 2019 ini. Dan untuk anggaran Penyelenggara Pemerintahan Desa sebesar Rp.956.487.000.00,- atau dengan persentase sebesar 41 persen. Sementara untuk anggaran program pemberdayaan masyarakat desa sebesar 182.000.000.00,- selebihnya dari total anggaran ADD dan DD tahun 2019 sebesar 2.338.365.000.000 adalah program pembinaan kemasyarakat sebesar Rp. 62.120.000.00,-.

Untuk program pembangunan desa meliputi:

  • Sub bidang pembangunan Pendidikan
  • Sub bidang pembangunan Kesehatan
  • Sub bidang pekerjaan umum dan penataan ruang
  • Sub bidang kawasan pemukiman
  • Sub bidang kehutanan dan lingkungan hidup
  • Sub bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informasi

Kepala Desa Lumbewe HM. Bintang Aras, S. An mengakui bahwa Pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pembangunan infrastruktur di desa yang dipimpinnya selama satu periode ini terus mengalami peningkatan, baik dari sektor pembangunan fisik maupun pada sektor pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kades Lumbewe ini juga merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat. Karena dengan adanya Dana DD dan ADD ini lapangan kerja terbuka luas bagi masyarakat untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan kemiskinan di desa.

“Pokoknya kita sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, dan berusaha memberikan pelayanan terbuka seluas-luasnya pada masyarakat, tidak ada yang disembunyikan. Dan saya berharap kepada awak media dan lembaga swadaya masyarakat (lsm), dengan bersama-sama kita awasi setiap kegiatan. Kalau ada yang tidak sesuai ketentuan dan terdapat temuan dilapangan tolong berikan informasi agar kami dapat memperbaikinya”, harap H. Bintang

Sekedar di ketahui bahwa kades Lumbewe H. Bintang ini hanya sempat memimpin selama satu periode lantaran pada pilkades serentak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dikalahkan oleh mantan Kades Lumbewe periode 2012-2014 lalu, Nahris dengan selisih 300 suara lebih. Namun HM. Bintang yang dikenal sangat loyal terhadap para awak media ini tidak merasa kecewa ataupun berkecil hati karena kekalahannya tersebut di pilkades lumbewe.

“Insya Allah saya selalu bersyukur kepada sang khalid (Allah SWT) atas segala keputusannya terhadap jalan hidup saya, mungkin yang maha kuasa menunjukkan jalan yang lebih baik dengan keputusannya itu. Dan ini adalah merupakan jalan yang terbaik bagi saya untuk menyongsong masa depan bersama keluarga”‘ tutur kedes lumbewe dengan panggilan akrab H. Bintang itu dengan wajah polos penuh ke ikhklasan dan optomisme ini.(*)

Reporter: wawan
Editor: wawan