Desa WonorejoTingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Lewat Pemberdayakan Bumdes

oleh -171 views

Desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Unit Usaha Percetakan Baliho, Undangan dan lain lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kades Wonorejo Hj. Nurhayati kepada intelnews.co.id dan semangatkarya.co di kantor Desa Wonorejo baru saja ini. Hj. Nurhayati menjelaskan bahwa untuk memingkatkan keaejahteraan masyarakatnya pihaknya harus memberdayakan Bumdes sebagai sarana untuk membuka lapangan kerja di Desa Wonorejo.

Istri dari Suparjo, mantan anggota DPRD tiga periode ini merincikan untuk mengembangkan Bumdes lewat beberapa unit usaha, salah satunya adalah pengadaan mesin percetakan baliho. Menurutnya bahwa percetakana baliho masih langkah di wilayah kecamatan mangkutana, sehingga dirinya memikirkan untuk membuka lapangan kerja lewat sarana badan usaha milik desa.

“Saya melihat bahwa peluang usaha untuk percetakan baliho masih cukup terbuka di wilayah kecamatan mangkutana dan sekitarnya. Sehingga saya memikirkan untuk membeli mesin percetakan Baliho untuk di kelola unit usaha Bumdes. Dan tentunya karyawannya kita ambil dari masyarakat desa wonorejo. Ini sebagai wujud perhatian masyarakat desa wonorejo untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat”, jelas Hj. Nurhayati

Kades Wonorejo ini mengharapkan kedepan masyarakat lebih sejahtera dengan terbukanya beberapa lapangan kerja. Salah satunya adalah pengadaan mesin printing pencetak baliho ini. Dan memang sesuai visi dan misi Hj Nurhayati maju menjadi kandidat kepala desa adalah untuk mengembangkan beberapa usaha yang difasilitasi oleh Bumdes sebagai langkah untuk mengurangi pengangguran di desa wonorejo.

Dijelaskan juga bahwa seluruh kegiatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa tahun anggaran 2019 berjalan lancar dan sukses. Hal tersebut berkat kerjasama Aparat Desa, Toko Masyarakat, BPD dan Pendamping desa.

Reporter: Sunadar/Ilham